Senin, 21 Oktober 2019

Gejala Hepatitis B yang Bisa Datangnya Tiba-Tiba

Hepatitis B merupakan penyakit hepatitis yang risikonya sangat buruk bagi kesehatan. Jika tidak segera diatasi penyakit ini akan semakin membuat infeksi menyebar ke seluruh tubuh. Berikut gejala hepatitis B yang bisa datangnya tiba-tiba sehingga Anda baru mengetahui terkena hepatitis jika sudah diperiksa.

Gejala Hepatitis B yang Bisa Datangnya Tiba-Tiba

1.      Mendadak Demam
Anda yang mengalami penyakit hepatitis B bisa mendadak terkena demam tinggi. Padahal sebelumnya kondisi tubuh aman dan stabil. Demam yang dialami ini berlangsung cukup lama tidak seperti demam biasanya. Gejala ini bisa dialami anak-anak ataupun orang dewasa.   

2.      Sakit Kepala
Gejala lainnya yang akan dialami ketika terkena hepatitis b adalah sakit kepala. Rasa sakit ini membuat Anda merasa tidak nyaman untuk tidur bahkan aktivitas menjadi terganggu. Sekalipun sudah mengonsumsi obat sakit kepala tetap tidak membuat rasa sakitnya menjadi hilang. Rasa sakit kepala ini juga akan mengganggu konsentrasi dan merusak mood Anda.

3.      Mual dan Muntah
Gejala hepatitis B yang juga akan dialami adalah mual dan muntah terjadi terus menerus sampai semua makanan dikeluarkan dari perut. Akibatnya muntah yang berkepanjangan membuat Anda merasa lemas. Ketika tubuh sudah menjadi lemas maka saat ini sistem imun akan menurun drastis akibatnya virus infeksi menyebar lebih cepat ke seluruh tubuh.

4.      Nyeri Otot dan Sendi
Anda yang mengalami hepatitis B juga akan menderita rasa nyeri pada otot dan sendi. Gejala ini baru terasa ketika Anda sudah satu sampai lima bulan terkena penularan penyakit hepatitis B. Penularan bisa terjadi dari makanan si penderita atau perlengkapan pribadinya. Anda harus hati-hati sekali agar tidak terkena virus ini.

5.      Masalah Pencernaan
Masalah pencernaan yang terjadi juga bisa menjadi salah satu gejala saat terkena hepatitis B. Anda akan mengalami perut yang kembung sehingga tidak memiliki nafsu makan. Di beberapa kondisi, gejala lainnya pada masalah pencernaan adalah terjadinya diare.

6.      Bagian Tubuh Menguning
Gejala lainnya yang terjadi saat Anda terkena hepatitis B adalah beberapa bagian tubuh menguning. Mulai dari bagian kulit yang perlahan menguning, akan sangat terlihat jika Anda memiliki kulit yang cerah. Selain itu bagian tubuh yang akan menjadi kuning adalah mata. Bagian mata yang putih akan berubah menjadi kuning, Anda bisa melihatnya dengan jelas.

7.      Urine yang Gelap
Kondisi urine yang sehat adalah berwarna putih atau jernih. Jika sudah berwarna kuning maka Anda dinyatakan kekurangan mengonsumsi air. Berbeda lagi jika mengalami hepatitis B, gejalanya urine akan berwarna gelap, mengarah ke cokelat atau kehitaman.

Gejala hepatitis B ini tidak akan terjadi saat pertama kali Anda terkena penyakitnya. Gejala akan terlihat saat virus sudah mulai menyebar. Jadi, begitu Anda melihat ada tanda dari penyakit hepatitis B, maka segera lakukan pengobatan sebelum semakin parah dan sulit disembuhkan.